Recent comments

Gaza: 300 Ribu Dolar Kerugian Sektor Pertanian Akibat Serangan Israel



stro1

GAZA – Seorang pejabat Palestina memperkirakan bahwa kerugian yang dialami sektor pertanian di Jalur Gaza akibat serangan penjajah Zionis terhadap salah satu fasilitas vital terpenting pertanian pada Sabtu (2/1) pagi mencapai lebi dari 300 ribu dolar.

Direktur Stasiun Pengujian Mekanik Departemen Pertanian, Syahir Rifi, mengatakan bahwa serangan pesawat Zionis pada Stasiun Pengujian Mekanik di daerah Musytal di barat kota Gaza berdampak pada kegiatannya hingga 70% dan mengakibatkan kerugian lebih dari 300 ribu dolar dalam prediksi awal.

Pada Sabtu pagi kemarin pesawat tempur Zionis melancarkan serangkaian serangan udara ke Jalur Gaza, salah satunya ke Stasiun Pengujian Mekanik Departemen Pertania yang berada di daerah Musytal di barat kota Gaza. Serangan ini mengakibatkan kerusakan parah pada fasilitas pertanian tersebut.

Syahir menyatakan, sulit mengganti peralatan yang hancur di tengah-tengah blokade ketat dalam larangan pasokan peralatan ke Jalur Gaza oleh penjajah Zionis. “Serangan mengakibatkan kerusakan langsung, khususnya pada gedung yang terkena bom. Serangan juga mengkibatkan kerusakan tidak langsung pada bangunan-bangunan sebelahnya, khususnya gedung administrasi umum dan penyuluhan pertanian.”

Dia menjelaskan bahwa stasiun ini memberikan layanan kepada stasiun-stasiun pengujian dan bibit-bibit untuk pertanian pertanian. Berupa sejumlah traktor dan peralatan yang digunakan dalam pertanian mulai dari pembibitan dan penanaman, sebagiannya khusus untuk proses perawatan dan pemeliharaan peralatan ini dan asesosirnya di dalam stasiun.

Dia mengingatkan bahwa pada saat ini sulit untuk memperbaiki kondisinya setelah kerusakan besar yang dialami, di tengah-tengah blokade ketar dan tidak adanya anggaran dari pemerintah untuk pengoperasiannya. Hal ini sangat berdampak negatif pada pelayanan proses pelayanan stasiun pengujian dan pembibitan pertanian, tegasnya. (mk/knrp)

Tidak ada komentar