Recent comments

Gaza Memasuki Tahun Ke-10 Diblokade Israel


rafah

GAZA — Awal 2016 ini, Palestina telah memasuki tahun ke-10 pemblokadean di Jalur Gaza yang dipimpin oleh Israel dan internasional yang didukung dari wilayah, serta diperburuk oleh dukungan Mesir. Blokade mulai diberlakukan tahun 2006 saat pemilu Palestina, saat Gerakan Perlawanan Islam Palestina memenangkan dengan suara mayoritas.

Organisasi pemantauan lokal dan internasional menggambarkan jajak pendapat Palestina sebagai salah satu yang paling transparan yang pernah tercatat. Di Palestina, meskipun, itu dikenang dengan pemilu yang menyedihkan ditandai dengan perpecahan politik internal dan awal pengepungan Gaza.

Pihak berwenang Israel menutup semua penyeberangan ke wilayah tersebut, hanya Penyeberangan Erez saja yang terbuka untuk lalu lintas pejalan kaki sesekali (dan telah digunakan untuk menjerat orang yang mencoba untuk menyeberang), dan Kerem Shalom untuk beberapa barang rahasia yang sangat diatur keluar masuknya. Mesir telah menjaga perbatasan Rafah dengan ditutup untuk beberapa waktu. Pada 2015, perbatasn itu hanya terbuka selama 21 hari; hanya 10.000 warga Palestina diizinkan melintas, salah satu di antaranya adalah peziarah, pasien dan siswa.

Pihak berwenang Israel memberlakukan pembatasan pada pasien dan sahabat mereka bepergian melalui Penyeberangan Erez. Kelompok HAM telah mencatat penangkapan beberapa pasien atau sahabat mereka saat menggunakan penyeberang ke Israel. Upaya yang dilakukan oleh Israel untuk memeras orang untuk menjadi informan dalam pertukaran agar diizinkan untuk menyeberang. (mk/knrp)

Sumber: Middle East Monitor

Tidak ada komentar